Internet

  1. Manfaat Internet
Manfaat Internet Terbagi menjadi 2, yaitu:
a.       Umum

·         Menambah Wawasan.
Salah satu manfaat layanan internet adalah sebagai cara menambah wawasan luas. Dengan wawasan yang luas, maka pikiran kita pun akan semakin terbuka dan kita akan lebih bijak menjalani kehidupan ini.
Melalui layanan yang ada di internet yang begitu banyak, betapa menjadi manusia yang rugi kita apabila tidak mau memanfaatkan hal tersebut untuk menambah wawasan pada diri kita.
Saat ini apabila kita kesulitan dalam menjawab seseuatu. Istilah “mbah Google” akan menjadi langkah utama dalam menjawab kesulitan tersebut . tentu dengan kemudahan dalam mencari jawaban tersebut, wawasan yang lebih luas akan sangat mudah untuk di dapat.
  • Lebih Efisiens.
Dulu tahun pada tahun 90an untuk mencari sebuah informasi, kita membutuhkan orang yang ahli dalam bidang itu, atau kita bisa dengan membeli Koran saja. Saat ini dengan Internet, Tak perlu membeli koran, tak perlu berlama-lama menunggu informasi yang anda mau di TV. Dengan internet informasi apapun bisa langsung anda dapatkan. Cukup mengetikkan informasi yang ingin dicari. Kemudian detik itu juga, atau tergantung jaringan Anda. Anda akan mendapatkan jawabannya. Jadi dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.
  • Memudahkan Komunikasi
Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tidak perlu lagi menggunakan surat, terbayangkan dulu saat kita ingin mengirimkan sebuah pesan saja kita membutuhkan perangko, membutuhkan tukang pos, atau bahkan membutuhkan burung dara. Dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengirimkan sebuah surat. Dan saat ini sudah menggunakan fasilitas digital yang tersedia seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya anda bisa menuliskan tulisan rasa rindu kepada teman anda melalui sosial media, seperti  Facebook, google+, Twitter atau media sosial lainnya. Yang saat ini hanya dengan menggunakan satu genggaman saja.
  • Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa inggris. Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk kerja nantinya, terlebih lagi jika anda mau bekerja di luar negeri. Di internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa inggris. Selain itu anda juga bisa belajar bahasa inggris maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau kalimat di google translate.
  • Mendorong Kemandirian
Tahukah anda. Orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, atau bahasa kekiniannya adalah Kepo  sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Dari sini tercipta lah karakter kemandirian, karena terbiasa inisiatif sendiri dalam mencari sebuah informasi. Karena kemandirian itu lah akhirnya Anda tidak dengan mudah mengandalkan orang lain dalam menyelesaikan sebuah masalah.
  • Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuan nya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa ditempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah, lalu siswa mengikuti proses pendidikan didepan komputer nya, bisa kapan saja bahkan hingga 24 jam.
  • Sebagai Sarana Hiburan.
Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya didunia nyata saja, didunia maya pun bisa. Di internet, anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara onlline, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur dan lain-lalin.
  • Memudahkan Pekerjaan.
Pekerjaan yang sebelum nya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika anda diperintahkan direktur untuk memberikan sebuah data kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan email. Dulu kita masih membutuhkan seorang messengeryang bertugas mengantarkan dokumen-dokumen. Saat ini hanya dengan email. Hanya butuh 1 kali klik saja sudah sampai di lokasi tujuan. Tentu Internet benar-benar memberikan kemudahan.
  • Untuk Menjalankan Bisnis
Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Ya, bisnis online kini sedang populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebh besar dibanding bekerja di dunia nyata.
  • Untuk Menjalankan Bisnis.
Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Ya, bisnis online kini sedang populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebh besar dibanding bekerja di dunia nyata. Banyak sekali contoh-contoh dari pekerjaan sebagai bisnis online, mulai dari menjual Ebook, Tutorial-tutorial atau Barang-barang fisik yang bisa di jual secara massiv,
  • Bisa Untuk Berbelanja.
Di era yang semakin elit dan canggih ini, bisa mengoperasikan internet adalah sebuah keharusan. Karena jika tidak, kita bisa tertinggal oleh zaman, dan mungkin tidak berkembang pola pikirnya, karena masih berpikir secara tidak modern. Beberapa manfaat internet tersebut membuktikan bahwa internet sangat luar biasa peranannya dalam pola hidup manusia saat ini. Mulai dari penyajian informasi, hiburan, hingga bisnis semua ada di internet. Semua hal yang sebelumnya sulit, akan terasa dengan mudah jika menggunakan internet. Sama halnya dengan berbelanja, saat ini toko online sudah sangat banyak, mulai yang dari perseorangan, hingga marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia. Itu semua merupakan hasil dari bermanfaatnya sebuah internet dalam kehidupan sehari-hari.

b.      Khusus
Diatas tadi kita sudah membahas bagaimana manfaat internet secara Umumnya, sebenarnya ada beberapa hal khusus yang mungkin bisa menjadi pilihan pembaca untuk menjadi internet lebih dari yang kita ketahui secara umumnya. Bidang-bidang di internet yang mengalami terobosan tentu berdampak pada kemajuan teknologi baru, berikut ini beberapa teknologi baru yang berkembang dikarenakan kehadiran Internet diantaranya,  robot kecerdasan buatan  atau biasa disebuat dengan AI (artificial intelligence),  teknologi  nano,  (3)bioteknologi,  dan  (4) teknologi komputer kuantum, (5) blockchain  (seperti bitcoin), (6) teknologi smart home, dan (7) printer 3D.
Pada dasarnya kesemua itu merupakan hasil dari revolusi industry 4.0, secara singkatnya Revolusi industri 4.0 adalah fase keempat dari Revolusi Industri sejak abad ke 18. Pada fase ini bukan lagi merubah atau mengotomisasi pekerjaan manusia, mungkin justru menggantikan posisi manusia dalam sebuah pekerjaan. Jika dulu alat-alat pabrik dikendalikan oleh manusia, mungkin di fase ini alat pabrik itu hanya di berikan semacam alogaritma yang nantinya alat pabrik tersebut mampu bekerja dengan sendirinya. Sebagai contoh yang terjadi di Cina, pekerjaan jurnalistik dapat dilakukan oleh robot yang mampu menulis berita sendiri. Wartawan robot yang dinamakan Xiao Nan akhirnya mampu membuat berita pertamanya. Hasil karya jurnalistik robot ini diterbitkan di surat kabar Cina, Southern Metropolis Daily, yang berkantor pusat di Guangzhou, pada Rabu, 18 Januari 2017. Robot ini memiliki kemampuan untuk membuat 300 kata dalam setiap detiknya. Disini akan sangat berbeda dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia dalam menulis sebuah berita. Ini yang menjadi kekhawatiran para jurnalis dalam menulis sebuah berita. Tetapi, walaupun dengan memiliki kemampuan seperti itu, robot ini masih memiliki kelemahan yaitu tidak bisa melibatkan emosi dalam membuat berita, dan tentu tidak bisa menggantikan manusia yang bisa mewancari secara langsung.
Seperti itulah gambaran terkait dengan Manfaat Internet yang bisa disajikan. Diharapkan kehadiran internet ini bukan hanya bisa di manfaatkan untuk hal-hal sehari saja, melainkan juga bisa dioptimalkan layaknya menjadi sebuah penemuan teknologi otomisasi baru seperti Ai, Bioteknologi ataupun lainnya.
Dan juga ini bisa menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan internet itu sendiri. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi Bangsa yang konsumtif Internet, melainkan juga bisa ikut berkontribasi dalam kemajuan dalam bidang Internet itu tersendiri, yang tentu akhirnya akan menjadi Internet itu dirasakan lebih luas manfaatnya bagi seluruh Dunia.

  2. Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet
a.       Dampak Positif Internet
Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak dampak positif yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa diantaranya:
·         Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut.
·         Menjadi Media Komunikasi
Internet merupakan alat komunikasi yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain pada aplikasi internet. Contohnya adalah aplikasi chatting seperti twitter, line, facebook, yahoo, BBM. Hal ini tentu memudahkan untuk melakukan komunikasi dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun.
·         Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan
Selain mudahnya mencari informasi, Anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan di internet. Internet telah menjadi wadah tersendiri bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Para perekrut calon karyawan baru pun biasanya juga melakukan riset terlebih dahulu mengenai diri Anda di internet. Oleh karena itu, usahakan selalu tampilkan citra yang baik di internet.
·         Mudah Melakukan Transaksi dan Berbisnis
Internet juga dapat menghasilkan keuntungan atau uang bagi Anda dengan berdagang secara online. Contohnya dengan membuka toko online sendiri. Selain itu, internet juga memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembelanjaan dan membuat Anda tidak perlu repot-repot untuk berbelanja langsung di toko fisik.
b.      Dampak Negatif Internet
·         Pornografi
Tidaklah salah jika internet dikaitkan dengan hal-hal berbau pornografi, baik berupa gambar, video, maupun tulisan. Media internet memberikan peluang bagi seseorang untuk melihat, mengunduh, serta memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi serta role playing untuk orang dewasa pun semakin marak. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi semua kalangan.
·         Tersebarnya Informasi Palsu
Informasi palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah HOAX dibuat oleh orang-orang tertentu dengan tujuan menakut-nakuti orang lain, menjelek-jelekkan suatu pihak dan lain sebagainya. Sebetulnya cukup mudah untuk mendeteksi informasi palsu yang masuk dalam broadcast pesan, namun orang lebih suka untuk langsung mempercayai dan membagikan walaupun info tersebut belum dipastikan kebenarannya.
·         Menampilkan Kekejaman
Kekompleksan informasi di internet membuat beberapa situs menampilkan segala bentuk kekejaman dan kesadisan untuk menjual situs yang bersangkutan. Hal-hal bersifat tabu memang menjadi salah satu cara yang bisa menaikkan pamor situs tersebut.
·         Penipuan
Tidak hanya dalam media internet, penipuan adalah dampak negatif yang mengintai dalam segala hal. Internet menjadi salah satu sasaran para penipu untuk melancarkan aksinya. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengabaikan informasi tertentu yang dianggap memiliki unsur penipuan.

  3. Bagaimana  peran Internet di era milenial.
Di era milenial, setiap orang menda­pat­kan kemudahan untuk menuangkan ide melalui berbagai media. Adanya akses internet didalamnya berisi website, email, blog, chat engine, sosial networking dan lain sebagainya, menjadikan suatu ide da­pat dengan mudah disampaikan kepada siapa pun, kapan pun, di mana pun dan ada untuk tujuan apapun tanpa ada yang bisa membatasi selain tentu saja penulisnya sendiri.
Salah satu gaya hidup yang menonjol di­kalangan generasi milenial adalah pola konsumsi internet. Konsumsi internet mereka jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok penduduk yang usianya lebih tua. Ini menunjukan ketergantungan me­reka terhadap koneksi internet sangat tinggi.
Dengan adanya alat komunikasi seperti internet, telepon, dan satelit segala sesuatu menjadi dekat. Dengan hal ini, menjadikan membantu aktifitas manusia bisa dilaku­kan via internet. Internet manjadi kebutuh­an bagi generasi milineal yang hidup pada za­man ini. Sehingga implikasi terhadap ke­uangan, generasi milenial menjadi ke­lompok konsuamen yang paling banyak men­jadi perhatian lembaga keuangan, ter­utama mengatur keuangan pribadi dengan baik.
Pola prilaku yang dilakukan oleh ge­nerasi milenial menjadikan mereka jarang interaksi dengan dunia nyata, dikarenakan lebih sering menggunakan gadget dalam kehi­dupan sehari-hari. Survei yang dilakuakan oleh APJII (Aso­siasi Penye­leng­gara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016 Komposisi Penggunaan Internet Indonesia berdasarkan usia yakni sebagai berikut 10% 55 keatas, 18%45-54 keatas, 18,4% 10-24 keatas, 29,2% 35-44 keatas, 24,4% 25-34 keatas, dari total keseluruhan penggunaan internet 132,7 juta orang. Dari total jumlah penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.
Nampak jelas usia produktif yang dikategorikan generasi milenial sangat dominan. Penggunaan Internet di Indone­sia hampir mendekati 50% dari jumlah pen­duduk Indonesia, sehingga internet tidak lagi menjadi suatu hal yang baru, pada dasarnya internet bisa diibaratakan pisau bermata dua, yakni mempunyai dampak positif dan negatif bagi pengguna internet pada generasi milenial paling banyak hidup di negara Indonesia.
Sehingga diklasifikasikan dampak negatif penggunaan internet, tidak salah internet dikaitkan dengan hal-hal berbau pronografi, baik berupa gambar, vidio, maupun tulisan. Media internet memberi­kan peluang bagi seorang untuk melihat, mengunduh, serta memperdagangkan pornografi. Kecanduan hubungan maya, hal ini merupakan dampak yang melibat­kan seseorang secara berlebihan untuk men­jalin hubungan maya. Hubungan inter­net biasanaya melelui chat. Melaui chat, seseorang akan merasakan kecocokan sehingga memutuskan untuk menuangkan perhatian berlebih pada rekan chat-nya. Bahkam seseorang bisa melupakan dunia nyata gara-gara kecanduan chat. Masih banyak lagi seperti, informasi berlebihan, kecanduann komputer, kekejaman dan kesediahan, penculikan, dan sebagainya.
Pada realitasnya, pemuda-pemudi Indoensia, penggunaan internet lebih ke arah untuk menonjolkan dirinya di dunia maya, lebih banyak penggunaan internet untuk facebook, Twiter, WhatsAppIn­tagram dan aplikasi dunia maya lainya. Se­mata-mata untuk kepuasan yang bersifat se­mentara, orang bilang gak gaul, atau tidak anak hits zaman now kalau tidak pa­kai Facebook, Twiter, WahtsApp, dan In­tagram. Ini telah menjadi konstruksi pada tatanan pergaulan anak muda saat ini, kalau tidak meng-upload segala aktifitas anak muda dikatakan ketinggalan zaman. Tindakan tidak patut ditiru dan jangan sampai menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, karena akan me­ru­bah gaya hidup kearah he­donisme.
Ini merupakan dampak negatif yang dapat dipaparkan, masih banyak lagi dam­pak penggunaan internet yang masih ber­lebihan, cendrung kerah yang lebih negatif. Iba­ratkan sebuah pisau bermata dua internet mempunyai dampak postif, penggunanya mempermudah pekerjaan, memper­mudah komunikasi, dan masih banyak dampak hal postifnya bagi manusia yang hidup pada abad ke 21 ini.
Dengan penggunaan internet saat ini, perlunya generasi milenial memanfaatkan internet untuk dijadikan sebuah potensi yang bermanfaat untuk dirinya dan ling­kungan sekitar. Agar permasalahan internet dan orang pengguna in­ternet sangat mem­bantu dalam kehidupan, maupun dikehi­dup­an yang akan datang, untuk kemajuan bangsa Indonesia yang berkarak­ter dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pan­cas­ila.

  4. Hal-hal atau solusi yang harus diperhatikan dalam penggunaan Internet

a.    Gunakan Untuk Hal Positif
Hal positif itu banyak kok, bisa sebagai sarana pembelajaran, cari teman, cari uang, sebagai media menyalurkan karya dan masih banyak lagi. Manfaatkan segala kemudahan yang sudah diberikan oleh kecanggihan teknologi saat ini. Jangan digunakan untuk hal-hal negatif yang benar-benar gak penting banget. Jika ada waktu luang gunakan untuk hal-hal yang saya sebutkan diatas, lama kelamaan akan ada manfaat yang kamu rasakan sendiri.
b.      Stop Melakukan Hal Negatif
      Menghina, melecehkan, menyindir karya orang lain sama saja dengan tidak mampu melakukan hal yang serupa seperti orang tersebut. Hasilkan banyak karya sendiri dan dapatkan segala macam hasilnya.

c.     Hak Cipta
Jangan sampai kamu terlibat ke dalam masalah ini. Selalu gunakan sumber tulisan/gambar/video kamu dari mana, demi mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta. Pengambilan tulisan/gambar/video tanpa sepengetahuan si pencipta sama dengan mencuri daaan mencuri itu adalah dosa. Kalau memang tidak ingin menggunakan sumber, coba untuk menganalisa tulisan orang lain dan jangan sampai benar-benar di sama persis. Minimal 80% sudah diganti dengan bahasa sendiri


  5. Peran mahasiswa dalam mengatasi hoax diinternet.
Dalam menerima sebuah informasi, alangkah baiknya kita tidak langsung percaya apalagi terprovokasi oleh informasi tersebut. Kita harus mengecek dan meneliti kredibilitas dari sumber informasi tersebut, kemudian melihat dari berbagai perspektif dan sudut pandang agar menghasilkan opini yang tepat dan tidak mudah terprovokasi oleh suatu informasi secara mentah. Mahasiswa harus bijak dalam memilah dan memilih setiap informasi yang ia terima agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dalam bersikap dan bertindak. Dengan kata lain, mahasiswa harus memiliki filter dalam menerima setiap informasi. Sikap ini harus ditanamkan dalam diri mahasiswa. Karena sejatinya setiap perubahan harus dimulai dari diri sendiri, baru kemudian bisa memengaruhi orang banyak.

Proses filterisasi itu dapat kita mulai dengan aktif mengampanyekan gerakan anti-Hoax di media sosial dalam berbagai kegiatan kampus. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang merupakan representatif dari pemuda intelektual yang menimba pendidikan di kancah nasional maupun internasional serta keberadaan lembaga kemahasiswaan memiliki potensi besar dalam menanamkan penggunaan internet secara sehat kepada masyarakat. Bentuk kampanye tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pelaksanaan diskusi maupun seminar yang mengangkat topik tentang Hoax, sosialisasi tentang etika yang harus diperhatikan saat menggunakan internet, serta melaksanakan lomba kreatif sebagai langkah persuasif memunculkan kepedulian tentang maraknya isu Hoax ini.

Cara lainnya adalah apabila menemukan sebuah berita dan mampu membuktikan bahwa berita tersebut palsu atau hoax, maka untuk menghindari semakin banyaknya masyarakat yang salah persepsi,kita bisa melakukan penyebaran informasi yang benar dan akurat tersebut, baik melalui media sosial, blog terkait, maupun siaran televisi. Sehingga penyebaran klarifikasi lebih cepat dan bisa meluas. Walaupun masih ada masyarakat yang tetap menganggap bahwa berita palsu atau hoax adalah berita yang benar, namun upaya ini dapat membantu mencegah penyebaran hoax yang lebih luas lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DUNIA JURNALISTIK